Apabila kita menjatuhkan benda keras misalnya batu atau besi ke lantai Maka timbul bunyi :

Share:

Apabila kita menjatuhkan benda keras misalnya batu atau besi ke lantai Maka timbul bunyi :
  1. Menurut pendapatmu apakah bunyi dapat dipantulkan. 
  2. Jika dapat dipantulkan bedakan antara pemantulan bunyi di dalam ruangan kosong dengan pemantulan suara ketika berteriak pada dinding tebing.
  3. Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kita? Jelaskan jawaban kamu disertai contoh. 
  4. Bagaimana cara kerja sonar?

Jawaban :

  1. Bunyi dapat dipantulkan, contohnya ketika kita berteriak di pinggir tebing, beberapa saat dari kita berteriak kita akan mendengar teriakan kita yang sama persis (gema).

  2. Jika kita berteriak di dalam ruang kosong maka akan terdengar suara yang akan mengikuti suara asli, sehingga suara asli tidak terdengar jelas. Suara tersebut berasal dari suara asli yang dipantulkan oleh dinding ruangan (suara tersebut disebut gaung) 

    Jika berteriak pada dinding tebing, maka beberapa saat kemudian akan terdengar suara yang sama persis dengan suara yang diteriakkan. Suara tersebut berasal dari suara yang dipantulkan kembali karena terkena dinding tebing (suara tersebut disebut gema)

  3. Hal ini bisa dimanfaatkan seperti pemantulan bunyi banyak dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman laut atau ke dalaman lokasi minyak bumi pada daerah penambangan.

  4. Sonar di kapal akan mengirimkan suara yang mengenai dasar laut akan dipantulkan kembali. Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak dari sumber bunyi ke suatu benda kemudian kembali ke sumber bunyi akan dicatat oleh alat tersebut. Semakin lama waktu yang diperlukan, maka semakin jauh jarak benda tersebut. 

Buka Komentar