Jelaskan Apa Hubungan Antara Lingkungan Hidup Dengan Pembangunan Berkelanjutan?

Hubungan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan adalah lingkungan membutuhkan pembangunan untuk bisa memberikan nilai guna dan manfaat yang dapat diukur secara ekonomi. Lingkungan Hidup Pembangunan berkelanjutan sendiri merupakan pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan dari generasi yang akan datang. 


Pertumbuhan pembangunan disatu sisi memberikan kontribusi positif terhadap taraf hidup masyarakat. Namun disisi lain akan berakibat menurunnya fungsi lingkungan. Penurunan fungsi lingkungan ini seperti rusaknya lingkungan sekitar akibat pembangunan yang terus dilakukan tanpa memikirkan solusi untuk lingkungan hidup.

Dampak Pembangunan Berkelanjutan

Kerusakkan lingkungan ini bisa jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek mungkin kita bisa mengalami dalam waktu singkat seperti banjir dan tanah longsor akibat penebangan hutan untuk perumahan/industri sedangkan untuk jangka panjangnya seperti perubahan iklim yang ekstrim ,dsb.

Maka pembangunan berkelanjutan harus memerhatikan pemanfaatan lingkungan hidup dan kelestarian lingkungannya supaya kualitas lingkungan tetap terjaga kelestariannya dan tidak memberikan dampak negatif yang serius bagi kelangsungan hidup manusia sendiri.

Buka Komentar