Jelaskan Apa Makna Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia?

Makna kebangkitan nasional pada tahun 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah bangkitnya semangat, nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran rakyat Indonesia sebagai sebuah bangsa. Harkitnas merupakan bangkitnya masyarakat Indonesia dari keadaan terpuruk dan juga membangun, menjaga, atau meninggikan pencapaian/prestasi yang sudah ada.

Hari Kebangkitan Nasional harus dimaknai sebagai bentuk pembenahan diri bagi generasi muda agar dapat menghadapi era globalisasi dalam perkembangan zaman dan teknologi, dengan cara bangkit dari keterpurukan dan menyongsong masa depan dengan memperbaiki, meningkatkan atau mempertahankan prestasi yang sudah ada.

Dengan demikian maka akan mengurangi angka kemiskinan, pengangguran, serta mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai, sejahtera, dan tentunya berkualitas.

Kisah Munculnya Hari Kebangkitan Nasional

Awalnya dr.Wahidin Soedirohusodo dan dr.Sutomo menyadari bagaimana keterbelakangan dan ketidakadilan yang dialami rakyat Indonesia akibat penjajahan Belanda, menurutnya salah satu cara agar terbebas dari penjajahan yaitu dengan pendidikan, karena mendapat dukungan dari berbagai pihak akhirnya dr.Sutomo mendirikan Budi Utomo

Budi Utomo yang didirikan pada tahun 1908 ini menandakan lahirnya hari kebangkitan nasional dengan disusulnya organisasi perhimpunan lainnya seperti Jong Java dan pada akhirnya gerakan Sumpah Pemuda berkumandang.

Lebih lengkap : https://www.kupinter.com/2019/04/ringkasan-sejarah-hari-kebangkiran-nasional.html

Buka Komentar