Jelaskan apa maksud ekonomi maritim dan ekonomi agrikultur?

Pengertian Ekonomi Maritim

Ekonomi maritim adalah perekonomian yang merujuk pada navigasi transportasi laut, pelayaran niaga, industri galangan kapal, perawatan kapal, pembangunan serta pengoperasian pelabuhan berserta industri dan jasa terkait. Ekonomi maritim sangat erat berhubungan dengan kelautan bisa dikatakan sumber ekonominya berasal dari maritim.

Ekonomi Maritim di Indonesia

Indonesia sendiri merupakan negara maritim. Tentunya hal ini sangat menguntungkan Indonesia dalam mengembangkan ekonomi maritim. Indonesia bisa menjadi jalur transportasi kapal-kapal Asia dan Australia selian itu juga bisa menjadi pelabuhan sementara sehingga bisa meningkatkan sektor ekonomi Indonesia.

Pengertian Ekonomi Agrikultur

Ekonomi agrikultur adalah perekonomian yang secara garisbesar merujuk pada sektor pertanian agraris, hewan ternak, serta pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam menghasilkan produk barangnya. 

Ekonomi Agrikutur di Indonesia

Indonesia adalah negara agraris tentunya pengembangan ekonomi agrikultur sangatlah penting untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Dengan luas wilayah yang dimiliki Indonesia memungkinkan untuk melakukan peningkatan pada sektor ekonomi agrikultur. 

Karena Indonesia berapa di ekuator sehingga bisa mendapatkan curah hujan yang cukup yang bisa mendukung pertanian Indonesia. Selain pada bidang pertanian, Indonesia juga bagus pada bidang peternakan karena iklim dan cuaca yang sesaui.

Buka Komentar