Jelaskan Jenis-Jenis Profesi Yang Terdapat di Sektor Industri Keuangan​!

Jenis-Jenis Profesi Yang Terdapat di Sektor Keuangan

1. Akuntan
Akuntan adalah sebutan dan gelar profesional yang diberikan kepada seorang sarjana yang telah menembuh pendidikan di fakultas ekonomi jurusan akuntansi. Ada beberapa jenis profesi akuntan, antara lain :
  1. Akuntan publik
  2. Akuntan swasta
  3. Akuntan pemerintah
  4. Akuntan pendidikan

2. Konsultan Hukum
Adalah orang yang berspesialisasi dibidang hukum korporasi dalam menjalankan praktek profesinya berdasarkan surat ijin usaha yang khusus yang diberikan oleh yang berwenang. Konsultan hukum biasanya bekerja dibidang usaha.

Baca juga : Ciri Karakterisistik Pasar Modal & Pasar Uang

3. Appraisal/Penilai
Penilai adalah orang yang akan menilai jasa keuangan/aset disuatu perusahaan. Penilai ini nantinya akan memberikan nilai dengan data untuk kemajuan dari perusahaan tersebut.

4. Notaris
Notaris adalah orang yang membuat akta atau surat-surat berharga penting. Notaris adalah pihak atau pejabat yang mempunyai wewenang untuk membuat akta sesuai perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan.

5. Internal Auditor
Adalah orang yang bertugas untuk mengaudit keuangan suatu perusahaan. Internal auditor akan mengawasi managemen dalam perusahaan apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Buka Komentar