Jelaskan Proses Terjadinya Gunung Berapi Jika Dikaitkan dengan Pergerakan Lempeng!

Ketika lempeng bumi bergerak dan terjadi tumbukan atau tabrak, maka akan mengakibatkan patahan dan lipatan. Jika terjadi patahan didasar laut bisa menyebabkan tsunami atau gempa bumi. Namun jika terjadi lipatan kearah luar/ketas maka akan membentuk barisan gunung seperti pegunungan Himalaya.

Jika dikaitkan dengan gunung berapi, pergerakan lempeng ini bisa menyebabkan retakan/membuat celah magma bumi muncul ke permukaan. Magma yang berada didapur magma karena terjadi pergerakan lempeng sehingga tercipta jalur retakkan untuk magma keluar maka akan tercipta gunung berapi. Jika magma keluar dari dasar laut bisa muncul gunung berapi dasar laut jika terus menyembur maka akan muncul ke permukaan menjadi pulau, seperti pulau Krakatau.

Pembentukan Gunung Berapi Secara Divergen dan Konvergen

Proses pembentukan gunung berapi dikaitkan pergerakan lempeng karena adanya pergerakan baik secara divergensi ataupun  konvergensi dari lempengan pelat tektonik yang tenggelam ke dalam mantel bumi dan mendorong gas dan cairan panas (magma) untuk keluar dari permukaan bumi, maka bisa terciptalah gunung berapi.

Selengkapnya : https://www.kupinter.com/2019/04/proses-pembentukan-gunung.html

Buka Komentar