Polimer yang sering dipakai sebagai pembungkus makanan karena tidak berbau tidak berwarna dan tidak beracun adalah

Soal :

Polimer yang sering dipakai sebagai pembungkus makanan karena tidak berbau tidak berwarna dan tidak beracun adalah...?

Jawab :

1. Plastik/Polietilena
Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat sering menggunakan polimer bahkan kita akan selalu menjumpainya, namun kadang kita tidak memperhatikan seolah penggunaan polimer ini tidak kita alami. Contoh polimer yang sering kita gunakan adalah Polietilena atau yang sering disebut dengan plastik.

Polietilena dibentuk dari reaksi adisi monomer-monomer etilena. Ada 2 macam polietelena yaitu polietelena yang memiliki densitas (kerapatan) rendah dan densitas (kerapatan tinggi). Perbedaan dari keduanya adalah cara pembuatan dan sifat fisiknya. Berikut ini sifat-sifat dari polietelena :
  1. Tidak berbau
  2. Tidak berwarna
  3. Tidak beracun
Untuk polietelena dengan kerapatan rendah biasanya digunakan untuk membuat tas kresek pembukus makanan atau jas hujan. Sedangkan polietelan kerapatan tinggi karena lebih keras biasa digunakan untuk membuat ember, melapisi logam dan kabel.

2. Polipropilena
Polimer ini lebih kuat dan tahan lama daripada polietilena, sehingga biasa digunakan untuk membuat karung, tali, dan botol-botol minuman. Hal ini karena lebih kuat sehingga bisa digunakan untuk membuat botol minuman.

Buka Komentar