Sebutkan 4 Macam Khiyar Dalam Proses Jual Beli Beserta Dalilnya!

Macam-Macam Khiyar

1. Khiyar Majelis
Adalah khiyar yang dilakukan ketika antara penjual dan pembeli berada pada satu tempat jual beli. Apabila telah terjadi deal/akad, serta dari pihak penjual atau pembeli telah meninggalkan tempat akad, maka hak untuk khiyar telah hilang.

2. Khiyar Syarat
Adalah khiyar yang dilakukan untuk mempertimbangkan proses perniagaan selama beberapa hari, dimana batas waktu mempertimbangkan selama 3 hari 3 malam. Apabila telah sampai pada hari yang ditentukan, maka proses jual beli harus segera diputuskan kepastiannya.


3. Khiyar Aibi
Adalah khiyar yang terjadi karena ketidaktauan pembeli mengenai kecacatan atau kekurangan barang setelah terjadinya akad, sehingga pembeli dapat mengembalikan barang yang dibeli kepada penjual dan penjual harus menerimanya.

4. Khiyar Tadlis
Adalah khiyar yang dilakukan selama 3 hari oleh pembeli diakibatkan penjual menyamarkan barang dan menambah harganya.

Dalil Khiyar Perniagaan

يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا
أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ ۚ وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ ۚ
إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. (Qs. An-Nisa’ : 29)

اَنْتَ
بِاالْخِيَار بِكُلِّ سِلْعَةٍ إِبْتَعْتَهَا ثَلاَثَ لَيَالٍ (رواه البيهقى واببن
ماجه)

Artinya : Engkau berhak khiyar dalam tiap-tiap barang yang engkau beli selama tiga malam (HR. Al-Baihaqy dan Ibnu Majah)

Buka Komentar