Sebutkan 5 Kenampakan Alam Wilayah Daratan Beserta Ciri-Cirinya!

Kenampakan alam daratan adalah kenampakan alam yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia yang berupa daratan. Kenampakan ini bisa dilihat dari permukaan bumi. Selain kenampakan alam daratan ada juga kenampakan alam perairan. 


Kenampakan Perairan serta Ciri-Cirinya

1. Pegunungan

Pegunungan adalah deretan gunung-gunung yang saling bersambungan menjadi pegunungan. Contoh pegunungan yaitu pegunungan Jayawijaya di Papua.

2. Gunung

Gunung adalah bentuk muka bumi yang memiliki ketinggian lebih dari 600 mdpl (meter dibawah permukaan laut). Gunung sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu gunung berapi dan gunung mati. Contoh kenampakan alam gunung adalah gunung Merapi, gunung Merbabu dan gunung Jayawijaya

3. Pantai

Pantai yaitu batas wilayah daratan dan lautan. Ada pantai landai dengan berpasir dan ada pula pantai yang curam dengan batu karang. Contoh pantai adalah pantai Pandawa di Bali dan pantai Kesirat di Yogyakarta.

3. Lembah

Lembah adalah cekungan yang ada permukaan bumi. Lembah biasanya terletak dibawah kaki gunung dan hampir mirip dengan jurang.

5. Dataran tinggi

Dataran tinggi yaitu dataran luas yang relatif rata pada ketinggian lebih dari 400 mdpl. Dataran tinggi umumnya dimanfaatkan untuk perkebunan teh dan bercocok sayuran. Contoh dataran tinggi adalah dataran tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah.

Selengkapnya : https://www.kupinter.com/2019/04/kenampakan-alam-daratan-perairan.html

Buka Komentar