Sebutkan Apa Akibat Durhaka/Dosa Kepada Orang Tua & Penjelasannya?

Orang tua adalah orang yang telah merawat dan membesarkan kita dengan kasih sayang yang amat besar dan tulus. Tidak ada anak yang bisa membalas kebesaran yang diberikan oleh orang tuanya. Maka jika seorang anak memiliki dosa dan telah durhaka kepada kedua orang tuanya ia akan mendapatkan ganjaran atas perbuatannya tersebut.

Banyak hal yang bisa menyebabkan kita bisa durhaka kepada orang tua. Mulai dengan tidak hormat dengan mereka sampai dengan berbicara keras dengan mereka. Lalu apa dampak akibat jika kita telah membuat durhaka orang tua kita?

5 Akibat Perbuatan Durhaka Kepada Orang Tua

1. Hidup Tidak Bahagia di Dunia Akhirat

Selalu ada perasaan resah dan berdosa karena telah durhaka kepada orang tua. Orang tua yang seharusnya dihormati malah kita perlakukan secara tidak seharusnya. Di dunia banyak cobaan dan azab yang kontan dan di dunia akhirat pun hidup tidak akan tenang.

2. Akan Mengalami Banyak Masalah Hidup

Masalah hidup terus berdatangan kadang itu sebagai akibat dampak karena telah durhaka kepada orang tua. Karena banyak kasuh dimana anak durhaka kepada ibunya dia lalu kecelakaan atau dikutuk menjadi batu.

3. Tidak Dianggap Golongan Umat Nabi Muhammad SAW 

Seperti yang tertulis “Bukan termasuk dari golongan kami orang orang yang diperluas rezekinnya oleh Allah lalu ia kikir dalam menafkahi keluargannya”. (H.R. ad-Dailamy)

4. Akan Mengalami Siksa Kubur Yang Pedih dan Banyak Dosa

Siksa kubur akan dosa karena durhaka kepada orang tua yang didapatkan oleh anak yang telah durhaka. Ia akan mendapatkan siksaan kubur dialam baka, ia tentu akan endapatkan banyak dosa. Mulai dari dosa karena membangkang kepada kedua orang tuanya.

5. Membatalkan Semua Amal Ibadahnya 

“Ada tiga hal yang menyebabkan terhapusnya seluruh amal, yaitu syirik kepada Allah, durhaka kepada orang tua dan seorang alim yg dipermainkan oleh orang dungu & jahil”. (H.R. Thabrani).

Itulah akibat dan dampak jika kita sudah dosa dan durhaka kepada kedua orang tuanya. Sebaiknya kalian tidak lakukan perbuatan yang bisa menyakiti hati orang tua kalian sedikitpun jika tidak ingin mendapatkan 5 buah dampak diatas.

Buka Komentar