Tuliskan 5 Kenampakan Alam Wilayah Perairan Beserta Ciri-Cirinya!

Kenampakan alam dibagi menjadi 2, yaitu kenampakan alam daratan dan kenampakan alam perairan. Kenampakan perairan ini adalah segala kenampakan alam diatas permukaan bumi yang berisi air dan terbentuk secara alami. Namun ada juga kenampakan buatan perairan antara lain waduk dan bentukan. Lalu apa saja kenampakan alam perairan?

Contoh Kenampakan Perairan dan Ciri-Cirinya

1. Danau

Danau adalah sebuah cekungan luas didaratan yang berisi air. Danau dapat terbentuk secara alami atau sengaja dibuat manusia seperti waduk. Danau digambarkan dalam peta dengan simbol area berwarna biru diantara daratan yang digambarkan hijau/kuning. Contoh danau di Indonesia antara lain danau Matano dan danau Poso.

2. Sungai

Sungai merupakan aliran air tawar yang bermuara di laut atau danau. Sungai mengalir dari tempat tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Sungai memiliki debit air yang berbeda-beda. Contoh sungai di Indonesia adalah sungai Bengawan Solo, sungai Musi, dan sungai Mahakam.

3. Rawa

Rawa adalah sebuah perairan yang airnya menggenang dan biasanya tenang dalam keadaan dangkal. Rawa di Indonesia umumnya berada didaerah yang berdekatan dengan pantai. Contoh rawa yang terkenal dengan legendanya adalah Rawa Pening.

4. Teluk

Teluk adalah bagian laut yang menjorok ke daratan. Teluk dimanfaatkan untuk membuat pelabuhan karena cocok untuk menepinya kapal-kapal besar. Pada peta kenampakan teluk digambarkan dengan simbol TI.

5. Selat

Selat adalah laut sempit yang berada di antara dua pulau. Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga tak heran jika memiliki banyak selat. Contoh selat antara lain selat Karimata dan selat Lombok. Selat pada peta digambarkan dengan warna biru.

Buka Komentar