Bagaimana cara memisahkan campuran dengan metode destilasi, sentrifugasi, kromatografi, & evaporasi?

Share:

1. Destilasi

Destilasi adalah pemisahan zat cair dari larutannya berdasarkan perbedaan titik didih. Pemisahan zat dengan cara destilasi adalah memanaskan zat tersebut maka zat/larutan yang terkandung dalam campuran akan terpisah sesuai dengan titik didihnya masing-masing.

Jika larutan dipanaskan, maka komponen titik didihnya yang lebih rendah akan menguap terlebih dahulu. Dalam kehidupan sehari-hari proses penyulingan digunakan sebagai pemisahan air tawar dan air laut didaerah pantai dan juga penyulingan minyak bumi untuk mendapatkan bensin, solar, avtur, aspal, dsb.

2. Sentrifugasi

Sentrifugasi sering dilakukan sebagai pengganti filtrasi jika partikel padatan sangat halus dan jumlah campurannya lebih sedikit. Sentrifukasi dilakukan untuk memisahkan sel-sel darah dari plasma darah. Karena ukurannya yang halus maka bisa dilakukan dengan cara sentrifugasi.

3. Kromatografi

Kromatografi adalah pemisahan campuran yang terjadi karena perbedaan kelarutan zat-zat dalam pelarut serta perbedaan penyerapan kertas terhadap zat-zat yang ingin dipisahkan. Suatu zat yang lebih dahulu larut dalam pelarut dan kurang terabsorbsi pada kertas akan bergerak lebih cepat. Sentrigasi biasa digunakan untuk pemisahan tinta dari kertas, uji pewarna makananan, dsb.

4. Evaporasi

Evaporasi adalah metode pemisahan campuran dengan memanaskan campuran. Metode ini digunakan untuk memisahkan zat padat yang terlarut dari larutannya. Contoh penggunaan metode evaporasi adalah pembuatan garam ditambak-tambak garam.


Buka Komentar