Sebutkan Golongan Orang Yang Menerima Zakat Idul Fitri!

Udah siap zakat belum? Sebentar lagi sudah mendekati malam Raya. Setiap umat islam wajib menyiapkan zakat baik itu anak, tua, muda. Zakat adalah salah satu dari rukun iman yang perlu dilaksanakan. Zakat biasanya dibayar sebelum hari Raya tiba atau malam takbir. Lalu siapa saja yang bisa menerima zakat fitrah?

Orang Yang Bisa Menerima Zakat

1. Fakira 
Adalah orang yang memiliki harta namun sedikit biasanya tidak memiliki penghasilan tetap atau bahkan tidak memiliki penghasilan.

2. Miskin 
Adalah orang yang memiliki harta namun masih sedikit. Orang miskin memiliki penghasilan namun hanya cukup untuk makan dan minum sehari-hari.

3. 'Amil
Adalah orang yang mengurus zakat mulai dari penerimaan zakat hingga menyalurkannya kepada orang yang membutuhkan. Bisa dibilang 'Amil turut menerima sedikit bagian zakat.

4. Mu'allaf
Seorang mualaf wajib menerima zakat supaya mereka semakin yakin untuk masuk islam.

5. Memerdekakan Budak
Di zaman sekarang ini  perbudakan mungkin sudah berkurang. Pemberian zakat ini bertujuan untuk membayar/memerdekakan budak agar bisa bebas.

6. Gharim
Adalah orang yang berhutang, namun orang yang berhutang untuk maksiat seperti judi dan minum-minuman keras tidak layak menerima zakat.

7. Sabilillah
dalah segala sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan di jalan Allah. Seperti pengembang pendidikan, pembangunan masjid, kesehatan, panti asuhan, dll.

Buka Komentar