Aktivitas 1.3 Pancasila Sebagai Kesatuan & Nilai-Nilainya | Paket PPKn Kelas 8 Semester 1

Share:

1. Pancasila sebagai satu kesatuan utuh seluruh nilai dari Pancasila tersebut tidak dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah. Maka dari itu nilai dalam Pancasila memiliki keterkaitan satu sama lain yang tidak dapat dipisah. Karena Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh.

2. Dari sila pertama sampai sila kelima Pancasila memiliki hubungan satu sama lain. Sila-sila dalam Pancasila merupakan rangkaian kesatuan yang bulat sehingga tidak dapat dipisahkan satu sama lain atau tidak dapat dibagi-bagi atau diperas.

3. Nilai Ketuhanan yang Maha Esa mengandung pengakuan atas keberadaan Tuhan sebagai pencipta alam semesta beserta isinya. Oleh sebab itu sebagai manusia yang beriman yaitu meyakini adanya Tuhan yang diwujudkan dalam ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu dengan wajib memeluk agama serta menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala  larangan- Nya.

Baca juga : Tabel 1.3 Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

4. Nilai Kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung rumusan sifat keseluruhan budi manusia Indonesia yang mengakui kedudukan manusia yang sederajat dan sama, mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara yang dijamin oleh hukum dan negara.

5. Nilai Persatuan Indonesia merupakan perwujudan dari paham kebangsaan Indonesia yang mengatasi paham perseorangan, golongan, suku bangsa, dan mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tidak terpecah-belah oleh sebab apa pun.

6. Nilai Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan adalah sendi utama demokrasi di Indonesia berdasar atas asas musyawarah dan asas kekeluargaan. Setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam berdemokrasi.

7. Nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah salah satu tujuan negara yang hendak mewujudkan tata masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Mengandung makna pemerataan keadilan sosial dan meniadakan ketimpangan.

Buka Komentar