Apa Fungsi Bagian Ekor Sperma Manusia? Fungsi Protein Pembekuan?

Sperma memiliki bentuk yang mirip dengan berudu/kecebong. Struktur bentuk dari sperma ini bisa dikatakan terdiri dari kepala dan ekor. Bagian-bagian dari sperma ini memiliki fungsi masing-masing dalam proses reproduksi. Lalu apa fungsi dari bagian ekor sperma manusia?

Fungsi Ekor Sperma Manusia

1. Sebagai Alat Gerak
Bagian dari ekor sperma ini berfungsi sebagai alat gerak aktif ketika sperma berada didalam rahim. Sperma akan bergerak dengan ekornya menuju tuba fallopi atau oviduk tempat terjadinya pertemuan sel telur dan sperma (fertilisasi).

2. Menjaga Sperma Lain Masuk/Membuahi Sel Telur
Ketika satu sperma sudah masuk ke bagian dinding dari sel telur maka ekor sperma akan menghalangi sperma lain untuk ikut masuk dan membuahi sel telur. Sperma akan menghalangi sel telur yang sudah dibuahi oleh satu sperma selain itu ekor juga berfungsi untuk mendorong sperma ke sel telur.

Fungsi Protein Pembekuan pada Vesikula Seminalis

Protein pembekuan pada vesikula seminalis berfungsi untuk menyediakan protein bagi sperma, protein pembekuan ini untuk energi bagi sperma selama didalam vesikula seminalis dan setelah keluar dan berada dirahim. Protein pembekuan sebagai pendukung aktivitas sel-sel sperma.

Buka Komentar