Jelaskan Proses Terjadinya Menstruasi serta Hormon-Hormon Yang Berperan!

Menstruasi akan terjadi jika sel telur (ovum) tidak dibuahi oleh sel sperma. Keadaan ini akan membuat dinding rahim meluruh dan terjadi pendarahan. Jika sel telur dibuahi oleh sel sperma maka dinding rahim tidak akan meluruh melainkan akan menebal untuk tempat perkembangan embrio nantinya. Ada hormon yang berperan dalam mentruasi, berikut ini hormon-hormonnya :
  1. Hormon FSH (follicle stimulating hormone)    
  2. Hormon estrogen  
  3. Hormon LH (luteinizing homorne)
  4. Hormon progesteron

Baca juga : Peran dan Fungsi Hormon Menstruasi

Normalnya perempuan mengalami menstruasi setiap bulan.Seorang wanita dewasa akan menghasilkan sel telur setiap bulan dari salah satu ovariumnya. Jika seorang wanita sudah berusia lanjut dan tidak mengalami menstruasi maka wanita tersebut akan sudah dalam masa menopause. Menstruasi terjadi secara periodik setiap 28 hari. Berikut proses tahapan menstuasi.

Proses Siklus Menstruasi Pada Wanita

1. Fase Menstruasi

Terjadi ketika ovum tidak dibuahi oleh sperma sehingga ovum meluruh bersama dengan endometrium ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Karena tidak dibuahi oleh sperma maka korpus luteum menghentikan produksi hormon estrigen dan progesteron.

2. Fase Pra Ovulasi

Hipotalamus akan menghasilkan hormon gonadotropin yang merangsang produksi FSH. FSH berfungsi untuk merangsang pembentukan folikel yang mengelilingi oosit primer hingga matang yang disebut folikel de Graaf, berfungsi untuk merangsang penebalan endometrium dan mengeluarkan cairan basa akan sperma bisa hidup.

3. Fase Ovulasi

Estrogen semakin meningkat sehingga membuat kadar FSH menurun yang mengakibatkan hipofisis memproduksi LH. LH berfungsi untuk merangsa terjadinya ovulasi. Terjadi kira-kira hari ke-14 setelah menstruasi pertama.

4. Fase Pasca Ovulasi

LH merangsang folikel kosong supaya menjadi korpus luteum, korpus luteum akan merangsang produksi estrogen dan progesteron yang akan memacu pembentukan endometrium. Jika sampai akhir fase pasca ovulasi sel telur tidak dibuahi oleh sperma maka akan kembali lagi pada fase menstruasi.

Buka Komentar