Pada Bulan Apakah Musim Kemarau dan Hujan Terjadi di Indonesia

Share:

Indonesia adalah negara yang berada pada wilayah tropis karena letaknya dibawah garis Khatulistiwa/equator. Oleh sebab itu iklim di Indonesia adalah iklim tropis dengan hanya memiliki 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Kedua musim ini terjadi 6 bulan sekali normalnya disetiap tahunnya.

Namun kadang bisa jadi musim kemarau datang lebih awal atau lebih panjang dan bisa juga musim hujan datang lebih awal atau lebih panjang. Hal ini akibat dari iklim yang berubah secara drastis sehingga kadang musim dan cuaca tidak bisa diprediksi dengan akurat. Lalu pada bulan apa musim kemarau dan musim hujan datang?

Bulan Terjadinya Musim Kemarau

Musim kemarau di Indonesia besamaan dengan bertiupnya angin muson timur yang berasal dari Australia yang membawa udara kering yang terjadi antara bulan Maret-September. Namun pada bulan tersebut angin masih belum menentu sehingga pada bulan tersebut bisa jadi masih turun hujan. Jika iklim normal maka musim kemarau akan terjadi pada bulan April-Oktober. 

Bulan Terjadinya  Musim Hujan

Musim hujan di Indonesia bersamaan dengan bertiupnya angin muson barat yang berasal dari samudra pasifik yang membawa udara basah dan lembab yang terjadi antara bulan September-Maret. Namun pada bulan tersebut angin masih belum menentu sehingga pada bulan tersebut curah hujan belum menentu. Jika iklim berjalan normal maka musim penghujan akan terjadi pada bulan Oktober-April.

Buka Komentar