Mengapa Mata Pencarian Sebagian Besar Negara Asia Tenggara Dalam Bidang Pertanian?

Karena wilayah di Asia Tenggara memiliki iklim tropis yang sangat baik dan cocok untuk kegiatan pertanian, hal ini juga dipengaruhi karena keberadaan gunung berapi yang tersebar di kawasan Asia Tenggara. Kawasan Asia Tenggara dikelilingi oleh cincin api/aliran magma sehingga banyak terdapat gunung berapi.

Gunung api tersebut mengeluarkan abu vulkanik ketika erupsi yang dapat menyuburkan tanah sekitarnya, hal inilah yang cocok untuk bertani dan berkebun karena tanaman apapun yang ditanam pasti bisa tumbuh. Selain itu juga curah hujan dikawasan Asia Tenggara sangatlah cukup dan tidak adanya musim dingin/salju yang bisa menganggu pertanian.

Sejenak Tentang Asia Tenggara

Asia Tenggara terletak diantara garis 22° LU (Lintang Utara) -11° LS (Lintang Selatan)  dan 92° BT (Bujur Timur) -141 BT° (Bujur Timur). Batas geografisnya kawasan Asia Tenggara adalah:
  • Sebelah utara : Cina dan Laut Cina Timur
  • Sebelah selatan : Samudra Hindia dan Benua Australia
  • Sebelah timur : Papua Nugini dan Samudra Pasifik
  • Sebelah barat : Laut Andaman dan Teluk Benggala
Secara geografis negara-negara Asia Tengara terdiri atas negara kepulauan dan negara daratan. Dengan Indonesia, Filipina, dan Singapura sebagai negara kepulauan. Thailand, Vietnam, Myanmar Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Malaysia sebagai negara di daratan.

Buka Komentar