Tulis dan Sebutkan Bagian-Bagian Bunga Sepatu Beserta Fungsinya

Siapa yang belum pernah lihat bunga sepatu? Kasian banget deh wkwk. Bunga sepatu adalah satu contoh bunga sempurna karena memiliki bagian yang lengkap, mulai dari kelopak, mahkota, putik, dan benang sari. Bagian-bagian dari bunga sepatu ini juga memiliki fungsinya masing-masing. Ada yang tahu fungsi bagian-bagiannya? Berikut ini fungsi bagian-bagian bunga sepatu :


Fungsi Bagian-Bagian Bunga Sepatu


1. Tangkai Bunga

Berfungsi sebagai penyangga atau penobang bunga serta penghubung antara ranting dengan tangkai. Tangkai bunga merupakan bagian bunga pertama yang paling ujung dekat ranting/batang. Bagian tangkai bunga inilah yang biasanya mudah untuk kita potong/petik dari tumbuhan/pohon.


2. Dasar Bunga

Bagian dasar bunga yang memiliki bahasa latin receptacle merupakan bagian ujung bunga setelah tangkai bunga. Fungsinya adalah sebagai tempat tumpuan bagian bunga lainnya atau sebagai tempat meletakkannya mahkota bunga.

3. Kelopak Bunga

Bagian kelopak bunga adalah bagian dari bunga yang berfungsi untuk melindungi dan menyelimuti mahkota bunga disaat bunga masih dalam posisi kuncup maupun mekar. Bagian kelopak bunga merupakan bagian terpenting dari suatu tanaman. Ketika bunga sedang mekar maka kelopak akan ikut membuka sampai bunga mekar sempurna.

4. Mahkota Bunga

Bagian ini adalah bagian bunga yang paling indah karena memiliki berbagai warna. Biasanya berfungsi sebagai penarik perhatian serangga untuk penyerbukan dikarena memiliki warna yang mencolok untuk menarik perhatian serangga. Bagian kelopak inilah yang menjadi ciri bunga masih kuncup, mekar, dan layu.

5. Benang Sari

Benang sari atau juga disebut stamen adalah bagian alat kelamin jantan dari bunga. Fungsi benang dari adalah membantu proses perkembangbiakan/reproduksi sebuah bunga untuk menghasilkan tanaman baru. Bagian ujung dari benang sari adalah kepala sari yang memiliki serbuk sari.

6. Putik

Bagian putik adalah bagian alat kelamin betina dari bunga. Fungsi putik sama seperti benang sari yaitu sebagai alat perkembangbiakan/reproduksi dari tanaman untuk menghasilkan individu baru. Bagian putik inilah yang akan menerima serbuk dari dan diteruskan ke bakal biji.

7. Bakal biji

Adalah bagian bunga yang akan dibuahi oleh serbuk sari. Bakal biji/ovum yang sudah dibuahi oleh sperma/serbuk sari akan berubah menjadi zigot (2n) dan ada juga bagian yang bernama kandung lembaga (3n) yang berfungsi sebagai nutrisi untuk zigot.

Buka Komentar