Apa itu narkoba? Mengapa peredaran narkoba semakin meluas?

Share:

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya selain narkoba ada istilah lain yang diperkenalkan kementerian kesehatan. Narkotika/obat-obatan yang tergolong narkoba sebenarnya memiliki manfaat dalam dunia medis namun karena digunakan berlebihan/tidak benar maka memiliki efek samping yang berbahaya.

Alasan Peredaran Narkoba Semakin Luas

Lalu kenapa peredaran narkoba bisa semakin luas dan pesat? Hal ini terjadi karena beberapa faktor, misalnya hukum yang masih lemah untuk menjerat peredar bahkan gembong/mafia narkoba, faktor ekonomi yang rendah sehingga membuat orang tertarik untuk menjual narkoba.

Baca juga : Peran Indonesia Dalam ASEAN Drug Free 2015

Hukum untuk pengedar narkoba masih sangatlah lemah bahkan jika seorang pengedar narkoba dijerat hukuman mati sekalipun maka akan bertentangan dengan HAM, apalagi jika sang pengedar adalah orang luar negeri pasti negara sang pengedar akan menolak hukuman mati. Ketegasan hukum inilah yang diperlukan untuk memberantas peredaran narkoba.

Narkoba bisa dikatakan sebagai barang langka yang sulit untuk didapat dengan begitu memiliki nilai yang mahal, oleh sebab itu menjual/menjadi bandar narkoba pasti akan sangat menguntungkan. Sehingga hal ini membuat orang berekonomi rendah tertarik untuk berjualan barang haram ini.

Buka Komentar