Apa Yang Mempengaruhi Daya Pada Sel Surya​? Faktor Kinerja Solar Surya

Panel surya merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan listrik. Panel surya memanfaatkan sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik. Sudah banyak rumah-rumah yang memakai panel surya untuk seluruh kebutuhan listrik rumahnya atau hanya sekedar untuk cadangan.


Namun panel surya memiliki harga yang mahal bukan hanya harganya saja yang mahal melainkan juga perawatannya serta baterai yang digunakan untuk menyimpan listrik panel surya juga mahal dan butuh perawatan. Tak heran jika mobil listrik Tesla lebih mahal dari mobil bahan bakar fosil. Lalu apa yang mempengaruhi besar kecilnya daya dari panel surya?

Hal Yang Mempengaruhi Daya Dari Sel Surya

1. Bahan pembuatan panel surya
Panel surya terdiri dari sel surya yang dirangkai secara seri dan pararel serta dihubungkan dengan baterai penyimpanan daya. Bahan pembuatan sel surya pun juga bermacam-macam, antara lain crystalline si cells, thin film, dan multijunction cells.

2. Hambatan listrik
Tegangan listrik yang dihasilkan panel surya tidak selalu stabil sepenuhnya akan masuk kedalam bateria penyimpanan. Karena ada hambatan yang dilalui tegangan sehingga daya yang dihasilkan bisa menurun. Seperti hambatan rangkai, kabel, dan baterai. Namun hambatan ini bisa dikurang, misalkan dengan memilih rangkai kabel untuk mengurangi hambatan kabel.

3. Intensitas penyinaran
Semakin tinggi intensitas penyinaran maka akan semakin tinggi daya yang dihasilkan. Sepaya intensitas cahaya yang dihasilkan maksimal, jika pemasang panel surya dibawah garis Khatulistiwa maka panel diarahnya condong 15° ke arah utara. Jika panel surya dipasang diatas garis Khatulistiwa maka pemasangan panel surya condong 15° ke arah selatan.

4. Suhu temperatur panel surya
Suhu untuk panel surya haruslah ideal, dalam hal ini bukan semakin besar suhu maka akan semakin besar daya. Melainkan suhu yang ideal adalah 25°C, jika semakin tinggi suhunya maka kinerja panel surya akan menurun. Untuk mengatasi supaya suhu tetap ideal maka pemasangan panel surya harus diberi jarak supaya ada aliran udara yang masuk untuk menurunkan suhu.

5. Bayangan yang menutupi panel
Untuk mendapatkan intensitas penyinaran yang maksimal maka panel surya jangan sampai terhalang pepohonan atau apapun yang menutupi panel surya sehingga sinar tidak bisa masuk. Selain itu jika cuaca sedang berawan/mendung juga akan mempengaruhi daya yang dihasilkan panel surya.

Buka Komentar