Jelaskan tahapan-tahapan dalam kegiatan pertambangan!

Penambangan merupakan kegiatan mengambil/mengekstraksi bahan tambang dari dalam bumi. Penambangan bisa bermacam-macam, misalnya penambangan batu-bara, minyak, gas, emas, dll. Bahkan kegiatan pengambilan pasir disungai juga termasuk kegiatan penambangan.

Dalam penambangan ternyata tidak semudah yang dilihat karena banyak resiko yang dialami. Walaupun hanya menambang disungai karena bisa saja mengalami longsong jika menambang didinding sungai atau terjadi banjir bandang. Lalu apa saja tahapan dalam pertambangan?

Baca juga : Jelaskan tahapan pertambangan ketika lokasi pertambangan sudah tidak menghasilkan?

Tahapan-Tahapan Dalam Kegiatan Penambangan

  1. Prospeksi merupakan kegiatan awal dalam proses pencarian terhadap potensi mineral tambang dilapisan bumi.
  2. Eksplorasi merupakan kegiatan setelah prospeksi yang meliputi penelitian terhadap potensi mineral yang ditemukan.
  3. Perencanaan pertambangan merupakan kegiatan setelah proses eksplorasi selesai lalu dilakukan perencanaan yang meliputi perencanaan ekonomi, teknis penambangan dan juga perhatian terhadap lingkungan.
  4. Persiapan merupakan persiapan dalam pembuatan alat untuk pertambangan termasuk akses seperti jalan untuk mencapat lokasi pertambangan.
  5. Penambangan merupakana kegiatan penambangan atau pengambilan bahan material yang ada didalam perut bumi
  6. Pengolahan merupakan kegiatan pemilahan dari kotoran bahan galian untuk mendapatkan hasil tambang yang terbaik, seperti penyulingan minyak.
  7. Pemasaran merupakan kegiatan menjual bahan hasil tambang yang sudah diolah dengan sistem transaksi tertentu dan kerjasama tertentu antara penjual dengan pembeli.
  8. Reklamasi merupakan kegiatan dalam rangka memulihkan kembali lokasi tambang seperti sedia kala.

Buka Komentar