Carilah buku biografi orang sukses di perpustakaan sekolah atau lainnya!

Share:

1. Carilah buku biografi orang sukses di perpustakaan sekolah atau lainnya!
2. Bacalah buku tersebut,kemudian ceritakan kembali secara singkat!
a. Siapa orang sukses yang kalian baca ?
b. Bagaimana cerita orang tersebut sebelum sukses?
c. Bagaimana usaha orang tersebut untuk sukses?
d. Apakah orang tersebut dalam berusaha selalu berhasil,atau pernah juga mengalami kegagalan?
e. Bagaimana hambatan orang tersebut untuk menjadi sukses?
f. Bagaimana kegiatan sosial orang tersebut setelah menjadi orang sukses?

Jawaban :

a. Siapa orang sukses yang kalian baca ?

Jack Ma pendiri e-commerce Alibaba

b. Bagaimana cerita orang tersebut sebelum sukses?

Jack Ma sebelum sukses dengan perusahaan Alibaba miliknya mengalami banyak kegagalan. Mulai dari saat ia ingin mendaftar universitas ia ditolak 3x. Jack Ma mengaku bahwa ia kurang dalam bidang akademis, bahkan ia mengakui bahwa ia tidak begitu mengerti tentang manajemen dan akuntansi.

Selain itu Jack Ma juga pernah melamar pekerjaan selama 30x dan semuanya ditolak. Ia juga pernah mendaftar sebagai polisi namun ia juga dibilang kurang bagus. Pernah ia melamar ke KFC dikotanya, ada 24 pelamar termasuk dia, 23 orang diterima kecuali Jack Ma. Sebelum mendirikan perusahaan e-commercenya tersebut ia juga kesulitan dalam mendapatkan modal. Jack Ma lebih sering mengalami penolakan dari perusahaan ketika ia ingin mengenalkan Alibaba.

c. Bagaimana usaha orang tersebut untuk sukses?

Jack Ma adalah orang yang pantang menyerah dan semangat. Usaha untuk dia sukses adalah dengan terus mencoba tanpa peduli berapa banyak kegagalan yang ia dapatkan. Untuk sukses Jack Ma terus berusaha, dengan mengumpulkan teman-teman yang memiliki kesamaan visi maka bisa berdirilah Alibaba perusahaan yang ia rintis.

d. Apakah orang tersebut dalam berusaha selalu berhasil, atau pernah juga mengalami kegagalan?

Tidak semua usaha yang dilakukan Jack Ma selalu berhasil, namun ada juga kegagalan yang sering ia alami untuk bisa sukses. Misalnya ketika ia berusaha untuk melamar pekerjaan dan mencari modal. Namun dibalik kegagalan tersebut malah membuat dia berhasil seperti sekarang ini, jika ia diterima kerja di KFC mungkin ia tidak akan memiliki Alibaba.

e. Bagaimana hambatan orang tersebut untuk menjadi sukses?

Hambatannya adalah kegagalan disetiap ia ingin mencoba dan berusaha. Ia selalu mendapatkan kegagalan namun kegagalan bagi Jack Ma bukanlah sesuatu hal yang mematahkan semangatnya namun menjadi sebuah motivasi baginya untuk terus berusaha.

f. Bagaimana kegiatan sosial orang tersebut setelah menjadi orang sukses?

Jack Ma menjadi pembicara dalam acara-acara seminar tentang kesuksesan selain itu perusahaan Alibaba yang dirintasnya juga membantu perekonomian negaranya Cina. Selain itu Jack Ma juga sering memberikan bantuan sosial serta memberikan dukungan bagi kaum muda untuk terus berinovasi dalam segala hal.

Buka Komentar