Jelaskan cara membedakan daur hidup hewan yang bermetamorfosis dan tidak bermetamorfosis!

Metamorfosis merupakan perubahan bentuk mahkluk hidup dari telur sampai dewasa. Metamorfosis umumnya terjadi pada serangga. Ada 2 jenis metamorfosis yaitu metamorfosis sempurana dan metamorfosis tidak sempurna.

Perbedaan dari kedua jenis metamorfosis ini terletak dari proses perubahan mahkluk hidupnya dari telur sampai dewasa saja. Selain itu juga ada perbedaan yaitu adanya tahapan istirahat/hibernasi untuk metamorfosis sempurna. Supaya lebih jelas berikut perubahan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna beserta contohnya.

Perbedaan Metamorfosis Sempurna & Tak Sempurna

1. Metamorfosis sempurna

Tahapan metamorfosis sempurna adalah : telur ➞ larva ➞ pupa ➞ dewasa

Metamorfosis sempurna merupakan perubahan mahkluk hidup yang memiliki bentuk dan wujud yang berbeda setiap tahapnya. Perubahan metamorfosis sempurna untuk menuju mahkluk dewasa memerlukan waktu. Contoh hewan yang melakukan metamorfosis sempurna :
  1. Kupu-kupu (telur ➜ ulat ➜ kepompong ➜ kupu-kupu)
  2. Katak (telur ➜ berudu ➜ katak berekor ➜ katak)
  3. Nyamuk (telur ➜ larva ➜ pupa ➜ nyamuk dewasa)

2. Metamorfosis tidak sempurna

Tahapan metamorfosis tidak sempurna adalah : telur ➞ nimfa ➞ dewasa/imago

Metamorfosis tidak sempurna merupakan perubahan mahkluk hidup yang memiliki bentuk dan wujud hampir serupa disetiap tahapnya. Setelah telur menetas maka akan memiliki wujud yang hampir sama saat ketika akan dewasa kelak, hanya saja berbeda ukuran. Contoh hewan yang melakukan metamorfosis tidak sempurna :
  1. Belalang
  2. Kecoa
  3. Capung

Buka Komentar