Mengapa kemajuan teknologi dapat memengaruhi keunggulan komoditas ekspor suatu negara?

Share:

Saat ini teknologi sudah memiliki banyak peran dalam setiap kehidupan manusia. Mulai dari keuangan, hiburan, komunikasi, dan lain sebagainya. Semua hal, semua bidang sudah menggunakan teknologi.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat ini tentunya memiliki dampak tersendiri untuk setiap aspek kehidupan dan sosial. Lalu kenapa kemajuan teknologi bisa berdampak dalam keunggulan komoditas ekspor suatu negara?

Pengaruh Kemajuan Teknologi Dengan Komoditas Ekspor

Teknologi memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam bidang ekspor. Tentunya supaya kualitas komoditas ekspor tinggi hal yang paling penting adalah peningkatan kualitas teknologinya terlebih dahulu. 

Misalkan ketika Indonesia ingin mengekspor ikan tuna berkualitas tinggi ke Jepang, namun Jepang memiliki standar untuk impor ikan tuna mereka yaitu ikan tuna yang diekspor harusnya tetap segar dan disimpan pada suhu yang sudah ditentukan. Untuk memenuhi standar tersebut maka pihak eksportir Indonesia harus menyiapkan perlengkapan ekspor (box, kulkas) supaya ikan tuna Indonesia bisa diterima di Jepang.

Hal tersebut perhubungan dengan teknologi, apabila eksportir Indonesia tidak memiliki teknologi yang maju maka tidak bisa melakukan ekspor tuna ke Jepang sehingga komoditas ekspor Indonesia berkurang. Maka dari itu kemajuan teknologi sangatlah berpengaruh terhadap keunggulan komoditas ekspor.

Buka Komentar