Bagaimana cara mewujudkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar?

Dalam lingkungan sekitar kita bisa menjumpai beragam keragamanan dan banyak perbedaan. Hal ini tentunya menjadi tantangan dalam lingkungan sekitar supaya tetap bisa hidup rukun dan harmonis. Tentunya hal ini tidaklah mudah namun jika semua orang memiliki kemauan untuk hidup rukun hal tersebut bisa terwujud.

Perbedaan didalam lingkungan sekitar sebenarnya bukanlah hambatan untuk bisa saling berinteraksi dan berkumpul. Namun malah bisa menjadi suatu hal yang bisa menjadi pengikat dalam lingkungan sekitar untuk bisa saling melengkapi satu sama lain ditengah perbedaan. Lalu bagaimana cara mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekitar?

Cara Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan

1. Saling menghargia
Saling menghargai ini walaupun sangat sederhana namun memiliki dambak yang besar. Bayangkan jika setiap orang bisa saling menghargai satu sama lain, sabar dan tidak egois pasti kerukan dan persatuan bisa terwujud.

2. Saling membantu (Goyong-royong)
Sebenarnya kita sebagai masyarakat Indonesia sudah memiliki paket cara untuk mewujudkan persatuan, yaitu Gotong-royong. Dengan gotong-royong kita bisa membantu satu dengan yang lain serta bisa meningkatkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan.

3. Toleransi dan membuka dialog
Sikap toleransi ini penting jika suatu kehidupan ingin rukun tanpa terpecah belah. Dengan tolerasni orang bisa saling mengerti serta membuka dialog penting agar orang bisa mengedepankan dialog dibandingkan tindakan tanpa kepala dingin. Dengan dialog orang bisa saling bertukar gagasan dengan kepala dingin.

Buka Komentar